Tips & Trick (Syarat) Cara Membuat Paspor

Share Button
Passport

Passport

Paspor merupakan ‘nyawa’ kita dalam melakukan traveling ke luar negeri. Berikut tips yang disusun detiktravel untuk membuat paspor yang bisa menjadi langkah awal kamu untuk berkeliling dunia:

  1. Siapkan dokumen persyaratan
  2. Jangan datang ke kantor Imigrasi terdekat dengan dokumen yang berantakan. Fotokopi dokumen penting yang harus disiapkan adalah bukti domisili yaitu KTP dan Kartu Keluarga (KK). Walaupun kita bisa membuat paspor di kantor Imigrasi mana saja tak terkait tempat domisili, bukti domisili tetap diperlukan.

    Dokumen lain yang dibutuhkan adalah bukti identitas diri, untuk menunjukan yang mengajukan paspor adalah orang yang bersangkutan atau yang diberi kuasa. Kamu akan diminta akte kelahiran atau ijazah, surat nikah / akte perkawinan (bagi yang sudah menikah) atau surat baptis, surat keputusan ganti nama jika Kamu berganti identitas, surat rekomendasi bagi pemohon yang berstatus karyawan/PNS/TNI. Jika Kamu pelaut, diminta juga buku pelaut, dan crew list bagi ABK. Bawa juga paspor lama, jika Kamu ingin membuat paspor baru. Paspor untuk anak, membutuhkan pula surat kuasa dari orang tua yang formulirnya tersedia di koperasi Imigrasi.

    Sebaiknya kamu menyiapkan fotokopi dokumen-dokumen tersebut sehari sebelum membuat paspor. Tempatkan dalam map khusus sebelum nanti Kamu diberi map pengganti di kantor Imigrasi. Jika Kamu bingung bagaimana harus memfotokopi, fotokopi saja di kantor koperasi Imigrasi. Mereka tahu format fotokopi yang dibutuhkan. Jangan lupa juga, bawalah seluruh dokumen asli untuk diperlihatkan kepada petugas.

  3. Jangan mengajukan permohonan secara mendadak
  4. Jika Kamu akan berangkat bulan depan, jangan mengajukan permohonan paspor menjelang waktu keberangkatan. Kamu tentu tidak mau rencana keluar negeri batal gara-gara ada masalah dalam proses pembuatan paspor. Siapkan paspor paling lambat sebulan sebelum keberangkatan.

  5. Datanglah pagi hari dan berpakaian rapi
  6. Ingat, tidak hanya Kamu yang ingin berpergian keluar negeri. Begitu banyak orang yang mempunyai impian yang sama. Lebih baik Kamu datang pagi hari, sekitar pukul 07.00 WIB, walaupun kantor Imigrasi baru buka pukul 08.00 WIB. Hal ini dapat mempermudah Kamu untuk mendapat nomor antrean paling awal. Dengan berpakaian rapi, Kamu akan lebih dihormati oleh petugas imigrasi.

  7. Siapkan alat tulis dan materai
  8. Siapkanlah alat tulis dan juga materai jika sewaktu-waktu dibutukan. Materai dibutuhkan jika Kamu membuat surat kuasa untuk paspor anak, atau paspor untuk orang lain.

  9. Berikan data kamu secara sah dan benar
  10. Kasus Gayus Tambunan bukan contoh yang baik untuk Kamu dalam pembuatan paspor. Identitas palsu dalam pembuatan paspor, bisa berimplikasi pidana. Jujurlah dalam memberikan data untuk paspor dengan dokumen yang sah dan benar. Jika ada data yang harus diubah, misal kamu pindah rumah, berikan alamat rumah yang terbaru. Hal ini akan berpengaruh bagi paspor Kamu dalam jangka panjang, sehingga tidak repot untuk gonta-ganti data di paspor.

  11. Hindari calo
  12. Hari begini masih pakai calo! Dengan memakai jasa calo kamu sama membohongi diri kamu sendiri. Kamu akan dikenakan biaya yang lebih mahal serta rasa was-was apakah paspor kamu asli atau palsu, karena kita tidak tahu bagaimana proses calo tersebut dalam membuat paspor. Biaya membuat paspor tidaklah seberapa, hanya Rp 200.000 untuk buku paspor 48 halaman. Proses pembuatan paspor pun tidak lama hanya sekitar 7 hari kerja.

  13. Manfaatkan layanan online www.imigrasi.go.id
  14. Kunjungi situs tersebut untuk menambah pengetahuan dan memberikan kemudahan bagi kamu untuk membuat paspor. Situs resmi imigrasi memberikan aneka informasi soal paspor, visa dan izin tinggal.

Dalam proses pembuatan paspor kita harus bersabar. Sabar dalam hal menunggu antrean, proses pembuatan, hingga menunggu panggilan pengambilan paspor. Filsuf Cina, Lao Tzu, pernah berkata, “Perjalanan 1.000 mil selalu diawali dengan satu langkah”. Jadikan langkah awal itu dengan Kamu membuat paspor dengan benar.

Share Button

Incoming search terms:

cara membuat paspor, cara buat paspor, cara bikin paspor, syarat pembuatan paspor, membuat paspor, syarat buat paspor, syarat bikin paspor, cara membuat pasport, cara mengurus paspor, buat paspor, bikin paspor, persyaratan pembuatan paspor, persyaratan membuat paspor, cara bikin passport, cara membuat passport

FB Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , , , ,


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

AddThis Social Bookmark Button

27 Responses to “Tips & Trick (Syarat) Cara Membuat Paspor”

  1. wakakak, lagi nyari cara bikin passport, eh yang bikin temen sendiribig grin

    thank you tutongue

  2. Aryo N on Januari 24th, 2012 at 13:23
  3. klo paspor exp 10 sept 2012, apakah boleh mengajukan permohonan tanggal 01 Mar 2012 ??

  4. Tina on Februari 20th, 2012 at 16:57
  5. @Tina, Boleh ko. Malah kalau bisa jangan terlalu mepet

  6. latu on Februari 21st, 2012 at 10:19
  7. fotokopi identitas diri itu perlu dilegalisir kah?
    terus, paspor itu berlaku untuk berapa tahun?
    makasiih ^^

  8. ime on Maret 1st, 2012 at 11:35
  9. @ime: passport berlaku 5 tahun. Identitas diri waktu saya dulu ga pake legalisir big grin

  10. latu on Maret 5th, 2012 at 12:05
  11. Boleh ga si kalau kk-nya diganti sama surat domisili dari kelurahan aja soalnya aku belum punya kk yang sesuai dgn alamat ktp kota domisiliku sekarang,jadi kk masih gabung dgn orangtua di kota domisili yg lama?trmksih

  12. Rara on Maret 7th, 2012 at 13:11
  13. @Rara: Gmn caranya ktp sm kk ko bisa beda? Bikin ktp kan harus sesuai kk i dont want to see. Syarat tertulisnya sih KK, jadi bawa aja KK yang lama.

  14. latu on Maret 8th, 2012 at 12:53
  15. Klau ga ada ktp boleh gak pake sim…

  16. Tean on Maret 19th, 2012 at 20:02
  17. Tahun lahir di Akte Kelahiran dengan KTP beda, gimana tuh? bisa ngak ya? thanks.

    ~
    Mungkin bisa. Tapi sebaiknya dokumen yg salah dibetulkan dulu karena kedepannya akan repot kalau berbeda seperti itu.

  18. Adi Sapta on April 5th, 2012 at 09:50
  19. klo mau bikin paspor untuk anak bawah 17thn, perlu surat pernyataan apa? Apa ada formny?

  20. Julian on April 19th, 2012 at 11:28
  21. mau tanya, kalo tujuan pembuatan paspor utk mengikuti konferensi pelajar, apa perlu NPWP juga? makasih happy

  22. ayun on April 24th, 2012 at 22:59
  23. bismillah
    saya rencana mau ke yaman
    cara buat paspor itu pake SCCK dan ijazah SMA tdk?
    soalnya utk ijazah baru smpe SMP gmn?
    dan apakah paspor hrs diperpanjang kalo udah habis seperti halnya visa?

  24. lutfi on Mei 24th, 2012 at 07:29
  25. maaf maksud saya SKCK

  26. lutfi on Mei 24th, 2012 at 07:31
  27. Assalamu’alaikummm…
    nama saya Jumadih..
    mau tanya sekitar pembuatan passport:
    1. emang ada perbedaan antara passport untuk study n berkunjung atau liburan? klo ada.
    2.passport apa yg cocok buat saya.. sy di mau di ajak jiarah kelaur singapura n malaysia sm guru saya, dan temen saya jg ada yg ngajak liburan ke malaysia jg..
    3. haraga passport tersebut brapa?

    terimakasih atas jawabanya…
    (mohon di jawab secepatnya, krn sy akan membuat passport secepatnya) big grin
    Wassalamu’alaikummm… big grin

  28. Jumadih on Mei 26th, 2012 at 07:01
  29. Mungkin maksdnya visa kali ya? Kalo passport ga ada beda untuk study / liburan. Kalau passport resminya sekitar 250 – 300k IDR

  30. latu on Mei 29th, 2012 at 17:02
  31. @lutfi: Pakai ijasah saja. Passport juga ada masa berlaku ko happy

  32. latu on Mei 29th, 2012 at 17:03
  33. maaf kaka mw tanya
    saya mw pindah paspor
    awalnya saya mw punya paspor tanggerang tp inggin pindah ke depok
    gmna ya caranya
    apa bisa d wakilkan dengan orang lain
    mhon penjelasannya

  34. anah on Juni 6th, 2012 at 10:52
  35. maaf saya mau nanya kalau kita mau bikin paspor buat anak tp orangtuanya tidak memiliki paspor,bagaimana? apa orangtuanya harus buat paspor dulu baru buat paspor anaknya? atau buat paspornya sekalian anak sm orangtua?
    terimakasih happy

  36. krisna on Juni 26th, 2012 at 15:08
  37. gmana.kalo.paspor.hilang.dan.ingin.buat.baru.paspor.yg.hilang.berlaku.sampe.oktober.2012.thx

  38. arip on Juli 9th, 2012 at 22:46
  39. Terima kasih amat sangat untuk informasinya! Saya baru sadar dan teringat lagi kalau sekarang bisa bikin paspor di kantor mana pun, jadi ga perlu ke Bogor lagi hehe. Lebih dari itu, bisa daftar online! Thanks for the info ya…

  40. hanz on Juli 30th, 2012 at 13:53
  41. Abis nelfon imigrasi jakarta selatan, katanya kalo daftar online, dipanggil fotonya baru January 2013 krn peminatnya banyak sekali. Wahhh lamaa… padahal uda seneng bisa daftar online.

  42. hanz on Juli 30th, 2012 at 14:11
  43. Bedanya Paspor biasa 48 halaman sama Paspor biasa 24 halaman apa? thanks

  44. Fajri on September 24th, 2012 at 15:14
  45. jadi saya mesti buat surat domisili jika saya membuat paspor di kantor imigrasi jakarta timur. sedangkan ktp dan kk saya beralamatkan di purwakarta, jawa barat.
    terima kasih

  46. intan on Mei 14th, 2013 at 08:45
  47. Sy mw tnya,,,sy ingin k dlu sy krj dtaiwan stlh plg dari taiwan paspor sy kbakar krna rmh nenekq kbakar&skrg sy ingin khongkong,,,gmn caranya ya,,tapi sy msh ingt nmr paspor sy yg dlu.yg sy tnyakan,,,,gmn cranya agar sy pnya paspor lagi&apa syartnya

  48. Ernawati on Agustus 21st, 2013 at 12:24
  49. Saya pernah menggunakan data palsu untuk membuat paspor saya ingin mengubah dengan data asli bagaimana caranya? Apakah akan kena sangsi?

  50. lissa on Agustus 22nd, 2013 at 00:30
  51. wah ane jadi nyesel gan ga dari dulu buat paspor skr jadi nyesel,
    sekarang sudah mepet ga bisa diburu2 lagi gamana ya tanggal 10 harus sudah di singapur gan undangan seminar

  52. Majuin on Oktober 29th, 2013 at 17:51
  53. kemana melaporkan bila ada yang membuat paspor dengan KTP ganda? atau KTP ke dua? karena memiliki dua KTP

  54. yuni on Mei 12th, 2014 at 00:01

Leave a Reply