Tips & Trick: Serba-serbi Baterai Laptop / Notebook

Share Button
Baterai Laptop

Baterai Laptop

Sekilas Informasi Baterai Laptop

Perangkat notebook jaman sekarang kebanyakan menggunkan Baterai jenis Lithium (Li-On). Berikut ini adalah karakteristik dari baterai tersebut:

  • Jika package battere Li-Ion dibuka, sebetulnya didalamnya mengandung beberapa buah battere kecil yang disebut sebagai CELL. Semakin banyak CELL-nya (artinya semakin banyak battere-nya), akan membuat daya tahan-nya lebih lama. Saat ini jumlah CELL pada Baterai Notebook berkisar antara 4, 6 dan 8 Cell.

    Isi Baterai Li-Ion Laptop

    Isi Baterai Li-Ion Laptop

  • Jumlah CELL juga akan mempengaruhi berat battere-nya, dan berimbas pada berat notebook secara keseluruhan. Inilah yang menjelaskan kenapa notebook ringan juga menggunakan Baterai dengan jumlah cell sedikit. Misalnya : Notebook ORIS menggunakan Baterai 4-cell.
    Li-Ion Cell

    Li-Ion Cell

  • Baterai Li-Ion TIDAK mengenal “Memory Effect”, yaitu suatu kondisi dimana jika battere tidak di-charge sampai full (100%) maka kemampuannya akan berkurang. Jadi tidak ada istilah bahwa jumlah pemakaian charge akan mempengaruhi kondisi Baterai tsb.
  • Jika di-charge 100% dan disimpan pada suhu rata-rata 25? maka kemampuan / umur Baterai Li-Ion akan berkurang 20% setiap tahunnya. Ini dalam pemakaian normal.
  • Pada saat notebook tidak digunakan, maka charge Baterai sebaiknya rata-rata 40% saja (jangan sampai di-charge penuh). Karena jika keadaan full charge, kondisi itu akan membuat battere lebih banyak kehilangan daya tahannya. Ini juga menjelaskan kenapa jika kita membeli notebook / HP baru, battere selalu TIDAK DALAM KEADAAN PENUH.
  • Battere Li-Ion juga akan berkurang kemampuannya apabila suhu menjadi semakin panas. Ini yang menjelaskan kenapa pada notebook Celeron M, daya tahan Baterai semakin berkurang. Celeron M itu tidak memiliki fitur SpeedStep Technology seperti pada Pentium M / Core Duo, sehingga clock speed tidak bisa diturunkan dan membuat notebook semakin panas.
  • Teknologi kimia Li-Ion sebetulnya aman apabila digunakan secara wajar dan sesuai petunjuk. Tapi baterai ini juga dapat MELEDAK / TERBAKAR pada kondisi tertentu, seperti pada kondisi panas yang ekstrim dan berlebihan. Sebaiknya jangan meletakkan notebook pada mobil yang terparkir terbuka pada siang hari yg terik !
  • Berbeda dengan tipe Baterai lainnya seperti Ni-Cd, Li-Ion dapat di-charged berulang kali tanpa kehilangan kualitasnya. Pada saat Notebook tidak digunakan dalam waktu lama, sebaiknya charge Baterai jangan melebihi 40% agar pengurangan umur Baterai tidak terlalu cepat.
  • Life cycle baterai Lithium (Li-On) adalah sekitar 400-600 cycle charge dan recharge dimana setelah cycle tersebut maka akan terjadi penurunan kualitas Baterai. Karena lithium saat di charge dari kondisi 1% ke 100% itu dianggapnya sama saja dengan charge dari 99% ke 100%, yakni 1x life cycle. Saat life cyclenya semakin banyak, kapasitas baterai akan semakin berkurang jadi perhatikan metoda cycle recharge anda.

Pertanyaan umum dan problem yang sering terjadi pada baterai Notebook:

Baterai Lenovo

Baterai Lenovo

  1. Saya baru pakai 3 bulan/1tahun kok baterai sudah tidak bisa dipakai :
  2. Baterai dipakai BUKAN BERDASARKAN WAKTU (hari, bulan, tahun), tetapi di-DIHITUNG berdasarkan CYCLE CHARGE-DISCHARGE, setiap satu cycle kemampuan berdasarkan kalkulasi BOARD BATTERY akan berkurang, bukan kemampuan cell baterai. Dimana BOARD BATTERY ada batasan minimum kemampuan baterai yang diperbolehkan. Pada umumnya baterai bisa sampai 400-600 cycle. Jadi kalau dalam satu hari melakukan 30 cycle, kurang lebih baterai dalam 10 hari akan drop

  3. Baterai saya charge kok tidak penuh2x hanya sampai xx% :
  4. Kenapa tidak penuh2x, karena Current Capacity di BOARD BATTERY tidak sinkron/SAMA dengan perhitungan Arus dan Voltage CELL BATTERY (CELL IMPEDANCE). Ada beberapa type yang bisa di kalibrasi ada yang di LOCK oleh MANUFACTURE BATTERY (Bukan Manufacture laptop).

  5. Lampu charge baterai menyala tetapi kalau adaptor di cabut laptop ikut mati / baterai tidak berfungsi normal :
  6. Kondisi ini biasanya karena SAFETY CIRCUIT di BOARD BATTERY sudah rusak, bisa di akibatkan over current (I), over voltage (V) maupun heat atau panas. Dan didalam BOARD BATTERY terdapat safety circuit 3 lapis dan CUKUP CERDAS

  7. Baterai saya simpan (tidak dipasang di laptop) setelah beberapa waktu kok tidak bisa dipakai lagi. Karena KATA ORANG kalau baterai mau awet lebih baik dicabut :
  8. Didalam BOARD BATTERY terdapat “self discharge/day” parameter dimana apabila battery tidak dipakai akan mengurangi “Current Capacity” di BOARD BATTERY , dimana ada minimum CURRENT CAPACITY yang di ijinkan oleh BOARD BATTERY. Apabila terlalu rendah maka BOARD BATTERY akan mengaktifkan SAFETY CIRCUIT, alias bunuh diri.

Merawat Baterai Laptop

Merawat Baterai Laptop

Tips dalam penggunaan Baterai notebook

  • Saat mengunakan baterai atau notebook baru discharge sampai kosong daya bawaan dari pabrik kemudia charge penuh dalam kondisi mati dalam waktu 4-8 jam agar cell baterai optimal.
  • Battere Li-Ion tidak boleh dikosongkan sampai 0% terlalu sering.
  • Gunakan baterai dengan optimal artinya manfaatkan life cycle dengan baik jangan ketika baterai masih 90% atau 80% langsung di charge.
  • Jangan di charge sampai 100% kemudia melepas baterai dari notebook, bila ingin meyimpan baterai dengan melepas dari notebook pastikan kondisi baterai dalam kapasitas 40-60%.
  • Metode melepas baterai ketika menggunakan listrik AC tidak serta merta membuat baterai menjadi awet dibalik itu ada resiko notebook mengalami kerusakan lain saat hanya mengunakan listrik AC dan terjadi pemadaman listrik.
  • Usahakan gunakan notebook dalam kondisi temperature ruangan yg baik jangan terlalu panas Karena panas merupakan musuh utama baterai Lithium (Li-On) ada baiknya menggunakan perangkat pendingin notebook seperti external cooling notebook.
  • Lakukan kalibrasi secara berkala terhadap baterai dengan cara melakukan satu kali discharge penuh (dari kapasitas 100% menjadi sekitar 3%) kemudian diikuti pengisian penuh baterai dengan mematikan notebook.
Share Button

Incoming search terms:

baterai laptop tidak bisa di charge, cell baterai laptop, baterai laptop tidak mau mengisi, baterai laptop tidak bisa charge, baterai laptop tidak mengisi, daya tahan baterai laptop 6 cell, jenis baterai laptop, battery laptop tidak bisa di charge, isi baterai, battery, baterai notebook, batre laptop tidak bisa di charge, batre laptop tidak mengisi, baterai laptop tidak mau di charge, baterai laptop

FB Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Tags: , , , , , , ,


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

AddThis Social Bookmark Button

23 Responses to “Tips & Trick: Serba-serbi Baterai Laptop / Notebook”

  1. ooh.. gitu, bagus infonya,, happy

  2. Ismi Wilda on Juli 19th, 2011 at 08:39
  3. thank’s ya atas tips2nya……

  4. mahfud on September 7th, 2011 at 20:06
  5. pernah laptop saya dalam kondisi chas kosong dan laptopnya mati, pas mau di cahs kembali kok tidak bisa ngisi, lampu indikator juga mati,
    bagaimana solusi dan cara menanggulanginya

  6. yudhistira prameswara on September 15th, 2011 at 08:19
  7. @yudhistira prameswara, cek kabel dari dan ke adaptornya, barangkali putus sehingga menyebabkan lampu indikator adaptor mati yang menandakan adaptor tidak bekerja

  8. latu on September 15th, 2011 at 09:02
  9. setelah batere dicas 8 jam baru beli misal, supaya awet berapa jam rata2 batere type litium boleh dicas?.tks

  10. sunny on September 28th, 2011 at 03:48
  11. @sunny: yg penting itu cycle nya, bukan berapa jam yg diabiskan untuk charging

  12. latu on September 28th, 2011 at 10:14
  13. batre laptop saya hanya bisa di caarg 1jam penuh, trus di pake kuatnya cuma satu jam saja,
    bagaimana yah biar batre laptop saya bisa di pake beberapa jaman.
    tahanks

  14. Ipay on Oktober 23rd, 2011 at 10:24
  15. gmna cara nya supaya settingn bateri nya gak mau penuh jadi 100% ,,,,

  16. rino on Oktober 29th, 2011 at 12:13
  17. Aku ma cerita nih mengenai laptopku. Jadi sekarang sejujurnya baterai laptopku hilang. Di kos tinggal Laptop dan charger.

    Sebelum hilang baterai masih bisa. Meskipun sudah dalam keadaan soak/drop. Alias kalau diisi full trus dipakai ngelaptop cuma bertahan 5menit. Oleh itu setiap kali kumemakai laptop selalu memasang baterai plus charger.

    Berawal dari dulu ketika kucoba hidupin laptop pakai charger doank (baterai kulepas) laptop tidak bisa hidup. Makanya sejak itu hingga terakhir bateraiku masih ada aku selalu hidupin laptop+baterai bersamaan dengan colokan charger listrik.

    Sedangkan awal pertama aku membeli laptop, bisa tu laptop dihidupin/dinyalain tanpa baterai, alias langsung dicharger listrik baterai dilepas.

    MOHON PENCERAHANNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

  18. Labuan on Desember 2nd, 2011 at 00:14
  19. mencharge yang baik laptopnya dalam keadaan mati atau nyala?

  20. Ghie aja on Januari 4th, 2012 at 10:12
  21. kenapa ya laptop sy kalo d mainin cuma pakek battery laptopnya jadi Lama loading nya, penggunaan CPU juga jadi optimal.. tapi pas ng’charger battery atau mainnya gk menggunakan battery laptopnya lancar-lancar aja.
    kira-kira masalahnya apa ya, mohon dong bantuannya.
    makasih happy

  22. aynie29 on Januari 12th, 2012 at 14:15
  23. @aynie29: itu sepertinya karena power options. Ketika menggunakan baterai (tidak di charge), laptopnya tidak menggunakan power option optimal, sehingga terkesan berat

  24. latu on Januari 13th, 2012 at 07:37
  25. kak

    kalau notebook saya ngga gitu

    baterai bisa nyimpen arus
    tapi anehnya waktu nyalain g bisa
    harus di colokin charger baru dipencet

    setelah itu dicabut ya seperti biasa

    masalahnya cuman di startnya doang
    kalo pake batere g bisa????

  26. fattah on Februari 9th, 2012 at 16:49
  27. untuk contoh permasalahan umum no.2 di atas,, gmna cra tw Current Capacity di BOARD BATTERY n htung CELL IMPEDANCEx y??? minta tipsx dong,,,
    makasih sblumx…

  28. rizka on Februari 14th, 2012 at 21:46
  29. mohon info apa sj indikasi batteray note book rusak (tdk bsa d charge) karena note book aku klo d charge ga masuk dan lampu indikator kedip2 merah ! makasih jawabanya !

  30. harry on Februari 25th, 2012 at 00:55
  31. @harry: itu tergantung dari vendor battery nya. Sebenarnya bisa pakai software buatan vendornya, yg biasanya ada status kesehatan battery. Kalau ga ada, cek aja kalau nge-charge, sebentar udah penuh berarti rusak.

  32. latu on Februari 27th, 2012 at 11:38
  33. kalau misalnya baterai dikasih pendingin bisa membuatnya lebih awet?

  34. kartiman on Maret 1st, 2012 at 21:08
  35. Saya punya baterai laptop yg kemampuannya tinggal 30 menit aja. Kira2 bisa diganti cell baterainya aja nggak ya? Biar lbh irit…

  36. Galeri Saffanah on Agustus 25th, 2012 at 16:59
  37. Apa bisa mengganti batrai notebook dari 6 cell menjadi 8 cell.? Dan apa efek sampingnya.?

  38. Ronggo on September 24th, 2012 at 08:35
  39. ketika charger saya rusak … saya gunakan laptop saya sampai laptop saya mati karena battery bener2 habis … mungkin saja kapasitasnya 0% … kemudian setelah charger berhasil diperbaiki, battery jadi gak bisa dicharge … kalo kabel dilepas laptop langsung mati … padahal sebelumnya battery bisa kuat sampai 1 jam … mohon penjelasannya … terima kasih

  40. lucky on Oktober 28th, 2012 at 18:45
  41. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Alhamdulillah ada referensi yang bagus soal baterai laptop. Saya mau bertanya:
    1. Apakah teknik kalibrasi cukup aman dan disarankan untuk menurunkan wear level baterai laptop kita?
    2. Apa ada solusi untuk mengatasi wear level yang cukup tinggi (sekitar 25%) dimana masa pakai laptop saya ini sudah sekitar 1 tahun, termasuk baterai laptop ini?
    3. Apakah wajar wear level setinggi itu mengingat durasi operasi laptop saya hampir dipastikan setiap hari dengan masa penggunaan 3-6 jam, malah dalam kesempatan tertentu pernah mencapai lebih dari 6 jam, semisal weekend?

    Catatan, baterai laptop yang saya pakai ini bukan baterai orisinil laptop Acer Aspire 4738Z, melainkan baterai Acer Aspire 4738 dari laptop lama saya yang hilang.

    Terima kasih atas jawaban dan solusi yang diberikan.

    Wasaalamu’alaikum wr.wb.

  42. Anggarian Andisetya on November 16th, 2013 at 21:37
  43. mas mw tny nih,laptop sy aspire 4740g uda coba ganti batre 2x pake yg oem & ori tp tetap aja kalo uda cas penuh trus cabut charger gk tahan sampe 30 menit uda mati.kira2 apa masalahny? trim’s.

  44. abuya on November 28th, 2013 at 11:17
  45. baterai saya ox cuma kuat 1.5 jam doang gan.. apa itu normal apa gak.. beri solusinya ding.

  46. Muhammad fathoni best on Desember 6th, 2013 at 20:31

Leave a Reply